Welcome to Aditrobet's Blog

Blog yang selau kaya di pulau dan santai kaya di pantai... hehe...

Bagi kawan-kawan yang melihat blog ini, silahkan baca artikel-artikelnya, isi komentar anda, dan follow blog ini (kalo berkenan :P)

Sekian dari Saya..

Salam Olahraga!!!

E-Commerce

Diposting oleh Adithya "Robet" Herlambang Rabu, 16 Desember 2009

A. Definisi E-Commerce

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan dan memaparkan tentang E-Commerce dari berbagai definisi yang diambil dari berbagai sumber. Silahkan dibaca ya,, karena dengan membaca kita dapat membuka jendela dunia. hehe.... (sotoy bner ye gue) :)
Ada banyak definisi untuk e-commerce, tetapi umumnya e-commerce merujuk pada semua bentuk transaksi komersial yang menyangkut organisasi dan individu yang didasarkan pada pemrosesan dan transmisi data yang didigitalisasikan, termasuk suara, teks dan gambar.
Sasaran e-commerce adalah menciptakan lingkungan komersial yang baru dalam segala bentuknya di abad elektronik. Di sini beberapa tahap yang umumnhya berlangsung di antara penjual dan pembeli dalam transaksi komersial dapat diintegrasikan sekaligus dan otomatis secara elektronik. Jadi, dapat meminimalkan biaya transaksi.


Definisi yang terhitung masih luas memberikan gambaran dimana e-commerce menyangkut juga transfer dana elektronik dan transaksi kartu kredit, ditambah dengan infrastruktur yang diperlukan untuk menunjang aktivitasnya. Definisi yang lebih sempit dikaitkan dengan transaksi elektronik business-to-business dan business-to-consumer dimana transaksi yang terjadi menyangkut beberapa jenis pembayaran elektronik.
Pada saat Internet memberdayakan seluruh penduduk dan mendemokratisasikan kehidupan sosial, itu juga akan mengubah paradigma ekonomi klasik. Model baru interaksi komersial berkembang sewaktu kalangan bisnis dan customer/pelanggan-pelangganya berpartisipasi dalam suatu pasar elektronik dan mencapai manfaat bersama. Global Information Infrastructure (GII) secara potensial dapat mengubah degan cepat bidang komersial dan bidang-bidang lainnya dengan mengurangi biaya secara dramatis dan memberi suatu sarana baru untuk melakukan transaksi komersial. Internet bakal mengubah pemasaran retail secara revolusioner. Komersialisasi di internet bakal mencapai 10 miliar dollar sampai akhir abad ini. (U.S. Executive Ofice of President, 1997)
Electronic commerce adalah transaksi bidang jasa dalam format elektronik. (Transatlantic Business Dialogue Electronic Commerce White Paper, 1997)
Electronic commerce merujuk secara umum kepada semua bentuk transaksi yang berkaitan dengan aktivitas komersial, baik organisasi maupun individual, yang berdasarkan pada pemrosesan dan transmisi data yang didigitalisasikan, termasuk teks, suara, dan gambar. (OECD, 1997)
Electronic commerce berkaitan dangan melakukan bisnis secara elektronik. E-commerce didasarkan pada pemrosesan elektronik dan transmisi data, termasuk teks, bunyi, dan video. E-commerce mencakup segala macam aktivitas termasuk perdagangan elektronik baik barang maupun jasa , pengiriman secara online dari isi digital, transer dana secara elektronik, electronic share trading, electronic bil of landing, commercial auctions, kolaborasi desain dan rekayasa, online sourcing, public procurement, direct consumer marketing, dan layanan purnajual. Termasuk juga produk (consumer good, peralatan medis) atau jasa (layanan informasi, keuangan dan hukum); aktivitas tradisional (kesehatan dan pendidikan) dan aktivitas-aktivitas baru (virtual malls). (European Commisions, 1997)
Electronic Commerce adalah melakukan aktivitas bisnis yang diarahkan pada pertukaran nilai melalui jaringan telekomunikasi. (European Information Technology Observatory, 1997)
Electronic Commerce, yang saat ini diterapkan secara terbatas pada beberapa perusahaan saja, memasuki suatu era baru dimana beberapa orang yang tidak spesifik misalnya pelanggan umum terkait dalam suatu jaringan. Sebagai tambahan, isinya tidak hanya berupa transaksi data untuk menempatkan atau menerima order yang sederhana, tetapi juga menyangkut kegiatan komersial umum seperti publikasi, iklan, negosiasi, kontrak, dan fund settlements. (Ministry of Int'l. Trade and Industry, Japan, 1996). Sekian dulu ya penjelasan mengenai E-Commerce-nya.. smoga anda2 ini bisa paham dan mengerti tentang E-Commerce yang sekarang sedang berkembang pesat seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI).. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Sumber : Buku Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi, Janner Simarmata.

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar tentang artikel diatas :)

Daftar Blog Saya

Berlangganan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

File Hosting dan Domain Gratis

CO.CC:Free Domain

Follower

Cari Blog Ini

Buku Tamu